Monday 25 November 2013

Mengulas perbedaan Akikah dan Sesaji

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan kedua  kata di atas, Akikah dan Sesaji. Akikah itu loh syukuraan setelah anak bayi lahir, yang identik dengan kambing. Yap! bener banget. lebih jelasnya Akikah adalah tanda syukur orang tua bagi kelahiran anaknya (pengertian versi aku sendiri).untuk laki-laaki itu 2 kambing, kalo perempuan 1 kambing.  Itu singkatnya tentang akikah.

Terus? kalo sesaji? itu merupakan kepercayaan orang-orang tertentu dan yang pasti tidak sesuai dengan ajaran islam dan bisa dibilang itu musyrik kalo ke selain Allah SWT. 

Jadi, bisa disimpulkan ya kawan, Kalo Akikah itu Jelas TIDAK SAMA dengan upacara-upacara sesaji tersebut. 

Untuk masuk akal atau tidaknya, akikah itu lebih masuk akal daripada upacara-upacara sesaji. Jadi begini, Akikah itu kan tanda syukur atas kelahiran anaknya dengan menyembelih kambing lalu disedekahkan atau dihadiahkan kepada orang lain. Sedangkan upacara sesaji itu? tujuannya kan untuk roh-roh mungkin, jadi sama saja membuanag - buang makanan. 

Nah, untuk persamaan dan perbedaannya pasti ada. Persamaannya, mereka menyembelih hewannya dengan cara yang sama. Namun, perbedaannya pun jelas ada. Akikah niat karena Allah SWT, untuk mendekatkan diri kepadanya, serta menciptakan kepedulian antar masyarakat. Sedangkan upacara sesaji, bukan niat karena Allah SWT. 


0 comments:

Post a Comment